Jumat, 01 April 2016

Karya Seni Hebat Menggunakan Aplikasi Open Source

Pada posting sebelumnya, saya menjabarkan aplikasi open source berdasarkan pengguna. Berbagai tools yang gratis tersebut dapat menghasilkan karya untuk pengguna profesional. Dengan aplikasi open source yang gratis dan kreatifitas seni anda bisa menciptakan karya yang membuat orang kagum. Aplikasi tersebut tidak hanya untuk Linux saja. Juga tersedia untuk Windows maupun OSX. Sehingga yang anda perlukan hanyalah mengeluarkan uang untuk membeli perangkat komputer dan hardware pendukung saja. Anda tidak perlu membayar jutaan rupiah untuk membeli lisensi aplikasi atau menggunakan aplikasi crack/bajakan yang belum tentu stabil atau bahkan bisa berisi malware. Di sini saya akan mencoba menginspirasi anda agar menggunakan aplikasi open source.

Sampai saat ini saya belum tahu digital artist di Indonesia yang menggunakan aplikasi open source. Jumlahnya kemungkinan dapat dihitung jari. Padahal di luar sana sudah banyak yang menggunakan. Baik profesional perseorangan maupun korporat, bahkan sering diadakan seminar dan konferensi berskala internasional. Di sini saya akan memperlihatkan contoh karya yang menggunakan aplikasi open source. Aplikasi yang saya jabarkan merupakan aplikasi yang digunakan oleh para profesional. Karya seperti apa sih yang bisa anda buat dengan aplikasi open source?

Graphic artist
Untuk anda yang suka membuat poster dengan manipulasi gambar atau mungkin fotografer yang mengedit hasil tangkapannya, aplikasi yang cocok adalah GIMP (GNU Image Manipulation Program) yang setara Adobe Photoshop. Terdapat tool pada Photoshop untuk memproses RAW image, sayang GIMP tidak memilikinya, untuk itu gunakan Darktable. Berikut video contoh karya yang dibuat dengan GIMP.

Untuk anda yang senang membuat vector graphic bisa menggunakan Inkscape yang setara dengan Adobe Illustrator atau CorelDraw. Dimana anda bisa membuat poster, atau logo.

Jika anda seorang pelukis, anda bisa menggunakan Krita.
Untuk program berbayar atau proprietary yang memungkinkan untuk semua ini adalah paket Adobe. Berapa harganya? Untuk satu program saja anda perlu membayar Rp 193.000/bulan. Untuk paket lengkap menggocek Rp 482.000/bulan. Dengan aplikasi yang saya jabarkan di atas, anda hanya perlu menggocek Rp 0 sudah bisa menghasilkan karya yang membuat mulut orang lain terbuka menikmati karya anda. Uang yang anda punya bisa anda gunakan untuk membeli tablet gambar seperti Wacom

Musisi
Jika anda seorang musisi, pemilik studio musik, atau soundtrack artist, program yang sangat powerfull ada Ardour yang setara dengan Ableton Live. Memungkinkan anda untuk meng-compose lagu, live editing, dan recording. Anda juga bisa menggunakan midi controller anda untuk meng-compose musik.

Anda perlu menyiapkan $499 untuk mendapatkan Ableton Live dengan fitur penuh, atau $99 untuk fitur terbatas. Belum untuk membeli hardware pendukung seperti mic, speaker, mixer, atau yang lainnya. Jika anda menggunakan Ardour, anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli peralatan anda saja.

Jika anda seorang DJ pada party diskotik, anda bisa menggunakan Mixxx. Juga mendukung midi controller, DJ mixer dan hardware lainnya.

Aplikasi berbayar yang memungkinkan adalah Virtual DJ Pro yang seharga $299.

3D Animator dan Video Editor
Blender sudah cukup banyak digunakan oleh para 3D animator untuk keperluan advertising, character designing and modelling, pembuatan animasi film, dan simulasi.
Blender juga dilengkapi dengan video editor yang lengkap. Jika anda membuat video clip sambil mengedit atau compose lagu, anda bisa mengintegrasikan Blender dan Ardour dengan Jack.
Untuk membuat animasi 3D, anda bisa menggunakan Autodesk 3ds Max yang harganya sekitar Rp 9 juta. Untuk video editing bisa menggunakan Adobe Premiere yang harganya Rp 193.000/bulan.

Kesimpulan
Untuk menghasilkan karya seni yang indah dan mengagumkan tidak harus menggunakan aplikasi berbayar. Dengan membeli perangkat komputer, dan perangkat pendukung saja anda sudah bisa berkarya. Ada yang bilang aplikasi yang saya jabarkan tidak memiliki fitur yang dibutuhkan. Bukannya tidak ada, tapi anda perlu mencari aplikasi pendukung lain untuk mendukung keperluan anda.

Banyak forum yang berisikan orang-orang profesional yang juga menggunakan aplikasi open source. Semisal untuk fotografer DPreview juga membahas tentang aplikasi open source dan LinuxMusicians untuk musisi. Untuk graphic artist, DeviantArt yang merupakan Online Gallery juga memiliki komunitas dan group yang berisikan artist-artist open source.

Semoga posting kali ini dapat menginspirasi anda dan mendorong anda untuk berkarya. :D

1 komentar: