Rabu, 23 Maret 2016

Jangan Gunakan Kali Linux Sebelum Mengerti Masalah Berikut


Kali Linux merupakan distro yang sangat handal dan ajaib. Bahkan benar-benar recommended untuk digunakan seperti pada posting saya di sini. Dengan tools, fitur dan fungsi yang canggih dan handal sangat memanjakan dan memenuhi segala keperluan penggunanya. Namun beberapa pengguna Kali Linux ini bisa membuat pengguna Linux lain geram. Karena itu lebih baik jangan gunakan Kali Linux terlebih dahulu. Kenapa saya malah bilang "Jangan gunakan Kali Linux"??




Seperti yang saya katakan, Kali Linux merupakan distro Linux yang sangat handal dan ajaib. Memiliki berbagai tools yang sangat tepat dan canggih untuk penggunanya. Namun perlu diketahui bahwa Kali Linux di desain untuk Penetration Testing, Auditing, dan Forensik. Didesain untuk memenuhi segala keperluan para hacker, network admin, dan security researcher, bukan pengguna umum. Lalu kenapa pengguna Linux lain geram dengan beberapa pengguna Kali Linux? Karena mereka tidak mempelajari dasarnya terlebih dahulu. Penguna yang belum mengerti apa-apa malah langsung menggunakan distro yang ditujukan untuk pengguna tingkat lanjut ini. Berikut poin-poin yang perlu dipelajari sebelum menggunakan Kali Linux.

Mengerti Tentang Jaringan Komputer
Pelajari dahulu apa itu TCP/IP, jaringan komputer, 7 layer OSI. Mengerti tentang pengalamatan IP address, mengerti apa itu static dan dynamic IP, MAC address, port, dan apa saja tentang dasar jaringan komputer. Tidak harus menggunakan Kali Linux untuk mempelajari ini. Bahkan dengan Ubuntu, Windows, atau pun OSX anda bisa mempelajari tentang setting jaringan komputer. Pahami dahulu dasar jaringan komputer sebelum menggunakan Kali Linux.

Mengerti Hardware Komputer Dasar
Mengerti apa itu LAN, Wireless, network card dan chipset. Atau bahkan hub, switch, router dan perangkat jaringan lainnya. Jika perlu GPU, processor, dan perangkat komputer lainnya. Bagaimana cara kerjanya, fungsi dan prosedur kerjanya. Karena dalam Hacking juga tidak lepas dari perangkat komputer dalam lapisan terendah (hardware). Setidaknya pelajari dahulu dasar operasi komputer.

Mengerti Administrasi Linux Tingkat Lanjut
Jika ingin menggunakan Kali Linux, hal ini yang paling wajib diketahui. Mengetahui tentang kernel, driver, dan aplikasinya, Mengerti setting dan setup konfigurasi linux, iptables, mengerti penggunaan aplikasinya baik GUI maupun CLI, dan yang terpenting managemen file dan user Linux. Linux memiliki kelebihan customable, dimana pengguna bisa dengan leluasa mengutak-atik sistem di dalamnya. Namun jika anda belum mengerti dasarnya, yang ada anda akan pusing sendiri. Dan bisa lebih parah lagi merusak sistem anda sendiri. Pahami dahulu manajemen sistem Linux.

Jika anda memang tertarik dan ingin mempelajari tentang network security dan hacking menggunakan Linux, berikut saran yang bisa saya berikan :

Gunakan Ubuntu dan Pelajari Aplikasinya
Kenapa ubuntu? Karena Ubuntu merupakan distro Linux sejuta umat. Referensi dan informasi tentang penggunaan dan setting beredar dimana dan lebih banyak dari distro lainnya. Memiliki interface yang user-friendly dan mudah untuk digunakan bagi berbagai kalangan. Cari aplikasi Kali Linux yang anda perlukan, install dan pelajari. Tidak harus menggunakan Kali Linux yang sulit untuk digunakan. Aplikasi dalam Kali Linux juga tersedia untuk Ubuntu. Ada baiknya anda belajar dari dasar terlebih dahulu.

Cari Mentor
Cari orang yang mengerti tentang sistem Linux, pelajari dasar TCP/IP, dan pelajari pemrograman dasar. Seorang hacker wajib mengerti tentang pemrograman. Mengerti tidak harus bisa, setidaknya mengerti bagaimana tools hacking berjalan. Jika anda bisa pemrograman komputer tentu akan menambah kekuatan dalam berhacking. Cari teman yang memiliki ketertarikan yang sama, forum, atau perkumpulan lainnya.

Belajar dari Dasar
Ini merupakan hal yang paling di tekankan oleh berbagai orang. Baik dalam forum atau yang lainnya. Ketahui dahulu apa yang ingin anda lakukan, pelajari dasar-dasarnya, dan berkreatifitas lah dengan cara anda sendiri. Orang yang menggunakan Kali Linux adalah orang yang sudah mengerti tentang Linux tingkat lanjut. Jika anda belum mengerti apa-apa namun mencoba Kali Linux bisa-bisa mentor anda malah akan geram. Karena apa yang akan mereka sampaikan akan percuma jika anda belum mengerti dasar terlebih dahulu. Maka dari itu saya tekankan kembali, Belajar lah dari dasar terlebih dahulu.

2 komentar: