Selasa, 01 Maret 2016

Aplikasi Open Source Linux Berdasarkan Kategori Pengguna

Banyak para “imigran” linux yang kembali ke sistem operasi lamanya karena tidak tahu aplikasi apa yang harus digunakan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Padahal aplikasi-aplikasi open source gratis banyak beredar dan sudah sangat mencukupi untuk pengguna profesional sekali pun. Kenapa saya posting ini? Karena pertanyaan ini cukup sering ditanyakan pada saya. Selain itu, aplikasi open source ini bisa menjadi pilihan anda jika anda tidak mampu membeli lisensi untuk penggunaan aplikasi berbayar. Di sini saya akan menyebutkan aplikasi-aplikasi tersebut berdasarkan kategori pengguna yang juga tersedia pada repositori di berbagai distro Linux.


Perkantoran dan Usaha
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
Merupakan forking dari OpenOffice yang sudah menjadi aplikasi standar di berbagai distro linux. Sudah termasuk Writer untuk pembuatan dokumen, Calc untuk spreadsheet (pengganti excel), Impress untuk presentasi. Juga terdapat LibreOffice Base, Draw dan Math yang terkadang secara default tidak terinstall di beberapa distro. Mendukung export ke pdf dan dapat membuka dokumen dari Microsoft Office.
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
Untuk anda yang membuat majalah, sampul buku, atau desain kemasan, aplikasi gratis ini sangat cocok anda gunakan. Fitur-fitur yang juga tidak kalah lengkap dengan aplikasi berbayar.
Sistem Operasi : Windows, Linux
Dengan task, Gantt Chart, kalender, dan resource manager, Planner dapat membantu anda dalam memenejemen projek-projek yang anda kerjakan.
Sistem Operasi : Windows, Linux
Aplikasi menyediakan berbagai tool yang lengkap untuk membuat diagram, flowchart, dan berbagai grafik relasional lainnya. Sayangnya tidak menyediakan tamplate seperti Microsoft Visio.

Desain Grafis dan Fotografi
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
GNU Image Manipulation Program (GIMP) merupakan program photo editing yang menyediakan berbagai tool-tool dan effect manipulasi gambar tidak kalah lengkap dengan Photoshop.
Sistem Operasi : Linux, Windows (dengan git)
Jika anda bermain dengan RAW image, Darktable menjadi pelengkap aplikasi photo editing anda. Support dengan berbagai format RAW image dari berbagai jenis kamera memberikan anda keleluasaan untuk memanipulasi foto tangkapan anda.
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
Merupakan Vector editing program yang berskala profesional seperti CorelDraw atau Adobe Illustrator. Dengan tampilan sederhana dan tool yang tidak kalah lengkap membantu anda membuat logo, poster, dan berbagai karya seni yang indah dan menawan.

Audio Artist
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
Aplikasi audio editor ini sederhana dan mudah digunakan untuk memanipulasi file WAV atau rekaman anda. Dilengkapi fitur multitrack recording, berbagai manipulasi efek, dan support berbagai format audio dan quality level.
Sistem Operasi : Linux, OS X
Aplikasi Digital Audio Workstation (DAW) mendukung streaming editing, flexible signal routing, multitrack dan manipulasi audio lainnya. Bisa digunakan pada studio musik, soundtrack making, dan berbagai keperluan music making lainnya. Secara ideal, aplikasi ini tidak ada batasan untuk sample rate, jumlah channel recording, track, mixing, dan bus. Yang membatasi hanyalah kemampuan dari hardware yang digunakan.
Sistem Operasi : Windows, Linux
Merupakan aplikasi real-time synthesizer dan virtual MIDI. Sehingga anda bisa memainkan MIDI controller atau VMPK (Virtual MIDI Piano Keyboard) anda dengan komputer anda.
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
Aplikasi notation editor ini memungkinkan anda menulis notasi musik anda secara digital. Memungkinkan input dari MIDI keyboard dan preview ke synthesizer seperti FluidSynth.
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
Merupakan software DJ gratis yang paling lengkap baik untuk pengguna pemula, maupun profesional. Mendukung DJ hardware controller dan berbagai fitur dan tool advanced. Support berbagai format audio file.

Video Artist
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
Merupakan aplikasi video editing sederhana yang didesain untuk cutting, splitting, merging, filtering, encoding, dll. Mendukung berbagai format video dengan menggunakan codec yang berbeda-beda.
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
Aplikasi video editor ini menyediakan tool editing dan compositing video yang user friendly. Support berbagai formar video, audio, dan gambar. Dengan fitur drag an drop lebih baik, cutting, trimming, snapping, dan cropping lebih mudah. Didukung dengan video transition, compositing, 3D effect and motion, video dan audio mixing and editing, digital zooming, dan encoding yang lebih intuitif.
Sistem Operasi : Linux
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk video editing dan video jockey dengan multitrack timeline dan fitur mixing dan switching clip video. Dengan non-linear editing, pengguna dapat mengedit dan membuat video tanpa menghawatirkan format, rate, dan frame size dari video.

Architect dan 3D Artist
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
Merupakan aplikasi animasi 3D kualitas profesional. Dilengkapi tool 3D modeling, shading, rendering, composing, animasi, dan masih banyak lagi. Juga dilengkapi dengan video editing dan composing untuk mempermudah pembuatan video animasi buatan anda.
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
Merupakan aplikasi parametric modeler yang support dengan berbagai format file standar industri. Didesain untuk digunakan dalam permesinan, desain produk, arsitek, dan permodelan teknik lainnya. Dapat membuat model 3D maupun blueprint 2D seperti AutoCAD.
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
Merupakan aplikasi permodelan 3D yang dikhususkan untuk arsitek dan interior designer. Dilengkapi dengan library 3D model dan teksture, dan berbagai plug-ins tambahan memudahkan anda dalam mendesain rumah idaman anda.

Matematika dan Statistik
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
Merupakan bahasa pemrograman untuk permasalahan matematis dan komputasi numerical baik linear maupun non-linear. Dilengkapi dengan berbagai plug-ins yang memungkinkan anda untuk memanipulasi atau menganalisa berbagai jenis data. Bahasa yang digunakan compatible dengan MatLab. Untuk front-end GUI gunakan QtOctave.
Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X
Merupakan aplikasi analisa statistik pengganti SPSS. Bentuk syntax dan data compatible dengan SPSS. Support file input dari Gnumeric, Opendocument spreadsheet, excel, dan postgres database dan export sebagai pdf, html, atau format lainnya.


Masih banyak aplikasi open source lainnya baik yang gratis maupun berbayar yang dapat digunakan di Linux. Tentu aplikasi terbaik adalah aplikasi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda. Di sini saya hanya memberikan referensi dan contoh aplikasi yang ada pada beberapa repository Linux. Ada baiknya jika anda mengecek website aplikasi tersebut jika ada perubahan atau masalah pada aplikasi yang anda gunakan pada distro kesayangan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar