Sabtu, 16 April 2016

Membersihkan Sistem Linux dengan Script Sederhana LAGI!!

Yup!! Berkat Gist dari Github saya bisa update script tanpa perlu update di blog ini. Sama dengan script yang saya posting di sini, kali ini tentu lebih update dan ada kemungkinan terus saya update dan bakalan bukan lagi script sederhana :p Tentu jika anda kurang puas dengan script yang saya buat, anda bisa mengubah script tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. Dan sekali lagi saya memberikan pertanyaan yang sama kembali. Apakah anda merasa sistem linux anda terasa lebih berat? Kernel yang bertumpuk setelah anda meng-upgrade kernel beberapa kali saat bootloader berjalan seperti gambar di samping? Atau free space pada sistem anda terasa lebih kecil dari seharusnya? Itu bertanda bahwa sistem anda masih menyimpan "sampah". Segera bersihkan sistem anda! Bagaimana caranya? Ini lah caranya!

Seperti yang saya jabarkan pada posting lalu, File sampah merupakan file-file yang tidak digunakan dalam sistem. Beberapa aplikasi akan menyimpan data tambahan untuk digunakan kemudian atau sebagai backup. Namun jika anda sudah merasa nyaman dengan yang ada, atau tidak menggunakannya lagi, file-file tersebut akan terus menumpuk dan memakan memory anda atau bahkan bisa mengurangi efisiensi sistem anda. Jika anda seorang geek yang suka meng-install dan meng-uninstall aplikasi akan lebih banyak file sampah yang dihasilkan. Sehingga melakukan pembersihan (Cleaning) diperlukan untuk menjaga sistem anda lebih optimal dan memperbesar free space dalam hardisk anda.

File-file sampah tersebut dapat berupa :
  • Cache dan history dari aplikasi
  • File Temporary
  • File backup
  • File dalam Trash
  • Paket orphans (tidak digunakan)
  • Konfigurasi tak terpakai
  • Kernel lama
Di sini, saya kembali memberikan script yang dapat mengatasi hal tersebut. Script ini dapat berjalan pada beberapa Distro Linux.


Nah! untuk menggunakannya copy-paste script ini melalui text editor kesayangan anda semisal Gedit, lalu simpan ke dalam home folder anda dengan nama cleaner.sh (Sebenarnya nama bisa sesuka anda, asalkan extensinya tetap .sh). Atau anda bisa download dengan click pada view raw atau nama script di atas.

Lalu buka terminal, dan jalankan perintah
  • sudo chmod +x cleaner.sh
Sekarang script sudah siap anda pakai! Untuk menjalankan script tersebut gunakan perintah
  • sudo ./cleaner.sh
Semoga script yang saya berikan dapat bermanfaat. :D

Update :
30-04-2016
- penambahan perintah help untuk menampilkan bantuan
- penambahan perintah opsi untuk bentuk non-interaktif
- membersihkan cache memory dan swap
- Menampilkan info drive, memory, dan swap
- Menampilkan 10 file terbesar di home

3 komentar:

  1. misi kak.. saya sudah coba cara di atas.. tetapi ada error seperti ini..

    ./cleaner.sh: 85: ./cleaner.sh: Syntax error: "(" unexpected

    kira" gimana ya kak cara ngatasinya.. makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake distro apa? kalo yang saya coba sih no prob. error seperti itu bisa karena kesalahan copas atau kesalahan pengetikan di baris 85.

      Hapus