Rabu, 04 Desember 2013

Upgrade LinuxMint 15 Olivia ke LinuxMint 16 Petra

Linuxmint 16 Petra baru saja dirilis. Repository local juga sudah menyediakan paket-paket aplikasi untuk si cantik ini. Jadi, ayo perbarui sistem anda! Segera berganti "cewek" ke Petra!


Terus bagaimana caranya untuk update/upgrade sistem dari Olivia ke Petra? Pertama kita ganti repository dari raring ke saucy. Ganti semua "raring" menjadi "saucy" dan "olivia" menjadi "petra" yang ada di dalam file /etc/apt/source.list.d/official-package-repositories.list. Cara yang paling mudah, jalankan perintah ini :

$ sudo sed -i 's/raring/saucy/' /etc/apt/source.list.d/official-package-repositories.list
$ sudo sed -i 's/olivia/petra/' /etc/apt/source.list.d/official-package-repositories.list

Setelah itu, upgrade sistem kita secara menyeluruh.
$ sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade

nantinya apt manager akan meminta konfirmasi untuk mengganti file konfigurasi anda yang lama menjadi yang baru. Saya biasanya menekan Y. Tapi semua konfigurasi yang saya buat dulunya kembali seperti semua seperti belum saya setting. Hal itu bukan masalah karena file konfigurasi yang lama masih disimpan di tempat yang sama dengan penambahan nama .old di belakangnya. Jika anda ingin menggunakannya, anda tinggal mengganti namanya saja.

Upgrade untuk meyakinkan bahwa semua aplikasi sudah menggunakan yang paling mutakhir. Tapi sebenarnya langkah ini tidak perlu.

$ sudo apt-get upgrade

Linuxmint 16 Petra telah terinstall dalam sistem anda! Yang perlu anda lakukan sekarang tinggal reboot komputer anda.
$ sudo shutdown -r now


4 komentar:

  1. dilaptoku muncul tulisn sed: can't read /etc/apt/source.list.d/official-package-repositories.list: No such file or directory
    mhon pencerhany

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa official-package-repositories.list ada di directory itu?

      Hapus
  2. apa harus backup data di home dulu baru upgrade atau tidak usah?
    mohon bantuannya, soalnya banyak data/folder pentng di home

    BalasHapus
  3. Kalo mau coba-coba dulu gimana bang caranya? Maksudnya biar aman, setepah upgrade tapi kalo salah masih bisa kerecovery

    BalasHapus