Jumat, 06 Desember 2013

Aktifkan User Root di Ubuntu dan Mint

Sadar kah anda bahwa anda tidak bisa login sebagai root dalam sistem Ubuntu, Mint, atau derivatifnya dengan perintah su? Ya! User root telah di-non-aktifkan demi alasan keamanan. Dalam sistem Linux terdapat user bernama root yang merupakan user yang memiliki hak akses tertinggi. Namun, sejak Ubuntu 12.10 user root di non-aktifkan. Anda hanya bisa menjalankan perintah administratif dengan perintah sudo (superuser do) saja.

Kenapa di-non-aktifkan? Secara jelas username-nya adalah root, sehingga seseorang yang tidak memiliki hak akses yang ingin mengakses user ini tinggal menebak passwordnya saja. Karena itu user ini di-non-aktifkan. Hanya user dengan hak akses administrator atau user yang tertera dalam konfigurasi /etc/sudoers/ anda saja yang dapat mengutak-atik sistem dengan leluasa.

Namun bukan berarti anda tidak bisa mengaktifkan user root. Jika anda sudah terbiasa menggunakan user root dan cukup malas menuliskan perintah sudo di depan perintah yang ingin anda jalankan, mengaktifkan user root menjadi sebuah pilihan. Bagaimana caranya??

Pertama, aktifkan user root menggunakan user dengan hak akses administrator dalam sistem anda. Gunakan perintah,
$ sudo -i

Saat ini anda sudah masuk sebagai root. Selanjutnya beri password user root dalam sistem anda dengan perintah
$ sudo passwd root
Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:
passwd: password updated successfully

Sekarang user root telah memiliki password dan siap anda gunakan! Bagaimana jika seandainya anda ingin me-non-aktifkan user root kembali? anda bisa me-non-aktifkannya kembali cukup dengan perintah
$ sudo passwd -l root

Tidak ada komentar:

Posting Komentar